Pelatihan Percakapan Bahasa Inggris Di Pantai Kuta

Authors

  • I Made Juliarta Program Studi Bahasa Inggris, Fakultas Hukum & Humaniora, Universitas Bali Dwipa
  • I Gede Nika Wirawan Program Studi Sistem Informasi, ITB Stikom Bali

DOI:

https://doi.org/10.25008/altifani.v1i3.152

Keywords:

metode persuasif, Bahasa Inggris, pengabdian kepada masyarakat, pengabdian masyarakat

Abstract

Pelatihan percakapan Bahasa Inggris yang diadakan di Pantai Kuta ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan percakapan Bahasa Inggris Keperawatan bagi mahasiswa Jurusan Keperawatan Poltekkes Denpasar. Pelaksanaan Pengabmas ini dilaksanakan selama 4 bulan yang merupakan kegiatan kerja sama antara Prodi Bahasa Inggris Universitas Bali Dwipa dengan mahasiswa semester 4 Jurusan Keperawatan Prodi D3 Keperawatan. Pantai Kuta yang terdapat banyak wisatawan mancanegara dipilih sebagai tempat untuk melakukan praktik percakapan Bahasa Inggris dengan native speaker. Dengan melakukan kegiatan Pengabmas ini, mahasiswa keperawatan diharapkan bisa melakukan percakapan langsung dengan native speaker di dunia kerja. Adapun metode persuasive yang diterapkan dalam praktik percakapan Bahasa Inggris dengan native speaker yaitu dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan berdasarkan observasi. Observasi yang dilakukan yaitu dengan mengamati fenomena yang terjadi di tempat diadakannya Pengabmas ini yaitu di Pantai Kuta. Ketika melakukan percakapan Bahasa Inggris dengan native speaker di Pantai Kuta, mahasiswa keperawatan juga memeriksa tekanan darah pada tamu asing sehingga mereka bisa mempraktikkan langsung ilmu yang didapat. Ketika melakukan percakapan Bahasa Inggris dengan native speaker, mahasiswa keperawatan didampingi oleh pengajar yang berpengalaman. Kemampuan percakapan Bahasa Inggris peserta pelatihan ini meningkat setelah melakukan praktik percakapan Bahasa Inggris langsung dengan native speaker.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djojosuroto. 2007. Filsafat Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Dijk, Teun A. Van. 2000. Ideology A Multidisciplinary Approach. New Dehli: Sage Publications India Ltd.

Eggins, Suzanne, 2004. An Introduction to Functional Linguistics.New York: Continuum.

Halliday, M.A.K. 1978. Language as Social Semiotics.London: Edward Arnold.

Halliday, M.A.K. dan Ruqiaya Hasan. 1999. Language, Context, and Text: Aspect of Language in Social-Semiotic Perspective. London: Deikin University.

Halliday, M.A.K. 2003.The language of Early Childhood.Webster (Edditor). London: Continuum.

Halliday, M.A.K dkk 2004.Lexicology and Corpus Linguistics An Introduction. London: Continuum.

Halliday, M.A.K. 2014.Halliday’s Introduction to Functional Grammar.London: Routledge.

Martin, J R. 1992. English Text System and Structure.Amsterdam: University of Sydney.

Schleppegrell, Mary J. 2008. The Language of Schooling A Functional Linguistics Perspective. London: Lawerence Erlbaum Associates, Publisher.

Downloads

Published

2021-07-21

How to Cite

Juliarta, I. M., & Wirawan, I. G. N. (2021). Pelatihan Percakapan Bahasa Inggris Di Pantai Kuta. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 216–224. https://doi.org/10.25008/altifani.v1i3.152