Media Pembelajaran Permainan Lego Dalam Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa Pada Materi Pecahan Di SMP Swasta Pembangunan

Authors

  • Hizmi Wardani Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Nurdalilah UNIVERSITAS MUSLIM NUSANTARA AL WASHLIYAH
  • Haryati Ahda Nasution UNIVERSITAS MUSLIM NUSANTARA AL WASHLIYAH
  • Hidayat UNIVERSITAS MUSLIM NUSANTARA AL WASHLIYAH
  • Ramadhani UNIVERSITAS MUSLIM NUSANTARA AL WASHLIYAH

DOI:

https://doi.org/10.25008/altifani.v2i1.192

Keywords:

media pembelajaran, media permainan lego, pemahaman matematika, pengabdian kepada masyarakat

Abstract

SMP Swasta Pembangunan merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berstatus kepemilikan yayasan. SMP Swasta Pembangunan terletak di Kec. Patumbak Kab. Deli Serdang. Tujuan dilakukan program pengabdian kepada masyarakat adalah untuk mensosialisasikan media pembelajaran permainan lego dalam meningkatkan pemahaman matematika siswa pada materi pecahan. Adapun permasalahan yang dihadapi sekolah yaitu kurangnya pengetahuan guru tentang media pembelajaran atau alat peraga yang dapat digunakan selama pembelajaran pada mata pelajaran matematika. Peserta pada kegiatan sosialisasi adalah seluruh guru-guru SMP Swasta Pembangunan. Alat ukur untuk mengukur tingkat keberhasilan kegiatan pengabdian masyarakat yaitu angket pemahaman peserta. Langkah-langkah pelaksanaan yaitu diawali dengan melakukan persiapan, pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat, refleksi dan evaluasi. Berdasarkan hasil analisis persentase tingkat pemahaman peserta terhadap media pembelajaran permainan lego dalam meningkatkan pemahaman siswa pada materi pecahan sebesar 86,67% dengan kategori baik. Persentase ini menunjukan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan PKM UMN AW yaitu sosialisasi media pembelajaran permainan lego dalam meningkatkan pemahaman matematika siswa pada materi pecahan di SMP Swasta Pembangunan telah tercapai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, I. H. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Aktif Dengan Strategi Snowbell Throwing Untuk Meningkatkan Kreativitas Matematatika Siswa SMP. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 1–9.

Aditya, P. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Lingkaran Bagi Siswa Kelas VIII. Jurnal Matematika Statistika Dan Komputasi, 15(1), 64–74. https://doi.org/10.20956/jmsk.v15i1.4425

Ahmad Qosyim, F. V. P. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Flash. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(2), 38–44. https:/journal.unesa.ac.id/index.php/jppipa/article/view/3089

Ahmad, I. (2016). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Office, 2(2), 221–228.

Darkasyi, M., Johar, R., & Ahmad, A. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning pada Siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 21–34. https://doi.org/10.24815/dm.v1i1.1336

Etistika Yuni Wijaya, Dwi Agus Sudjimat, & Amat Nyoto. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1, 263–278. http://repository.unikama.ac.id/840/32/263-278

Hairunisya, N.-, Anggreini, D., & W.H, M. A. S. (2020). Pemberdayaan Di Sektor Pariwisata Sebagai Upaya Meningkatkan Perekonomian Masyarakat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(4), 241–247. https://doi.org/10.24114/jpkm.v26i4.20646

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dam Implementasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 27–34. https://doi.org/10.4236/ce.2020.113020

Marpaung, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 1(1), 16–22. https://doi.org/10.25008/jitp.v1i1.6

Nursikin, M. (2016). Aliran-aliran Filsafat Pendidikan dan Implementasinya dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Attarbiyah, Journal of Islamic Culture and Education, 1(2), 303–334. https://doi.org/10.18326/attarbiyah.v1i2.303-334

Rusydi, M. R. (2008). Optimalisasi Peran Guru dalam Proses Transformasi Pengetahuan Dengan Menggunakan Media Pembelajaran. LENTERA PENDIDIKAN, 11(1), 55–68. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/view/3762/3436

Safitri, M., Hartono, Y., & Somakim, S. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Segitiga Menggunakan Macromedia Flash Untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan, 14(2), 62–72. https://doi.org/10.33830/jp.v14i2.358.2013

Sumarni, S. (2017). Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Pelaksana Mandiri. Innvovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(1), 45–57. https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i1.15998

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115–123. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114

Wardani, H. & N. F. (2018). SOSIALISASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL ( CTL ) DALAM MENINGKATKAN. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 104–110.

Yusrizal, Intan Safiah, & Nurhaidah Nurhaidah. (n.d.). Kompetensi Guru dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SD Negeri 16 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 126–134.

Downloads

Published

2022-01-27

How to Cite

Hizmi Wardani, Nurdalilah, Haryati Ahda Nasution, Hidayat, & Ramadhani. (2022). Media Pembelajaran Permainan Lego Dalam Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa Pada Materi Pecahan Di SMP Swasta Pembangunan. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 57–64. https://doi.org/10.25008/altifani.v2i1.192