Pelatihan Farm Record di Kelompok Tani Oelkunu, Desa Sallu Kecamatan Miomaffo Barat Kabupaten TTU

Authors

  • Ody Wolfrit Matoneng Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Timor
  • Marsianus Falo Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Timor
  • Melkisedik Bukifan Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Timor

DOI:

https://doi.org/10.25008/altifani.v3i1.311

Keywords:

Farm Record, Kapasitas Kelompok Tani, Komunikasi Partisipasi, pengabdian kepada masyarakat

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu pesat turut memberikan tantangan baru pada proses pendampingan kelompok tani yaitu terjadinya perubahan model pembentukan kelompok tani konvensional menjadi partisipatif. Kegiatan dalam kelompok tani biasanya tergantung dari jenis usaha atau unsur-unsur subsistem agribisnis seperti pengadaan sarana produksi, pemasaran, pasca panen, pengolahan hasil panen dan sebagainya. Penguatan kapasitas kelompok tani , peningkatan komunikasi partisipatif, dan analisis usaha tani menjadi hal yang paling berpengaruh penting dalam kelompok tani demi terwujudnya kesejahteraan kelompok. Oleh karena itu, tingkat komunikasi yang bersifat partisipatif dalam berkelompok juga merupakan hal mendasar sebagai kekuatan kelompok. Sebagai sarana berkumpulnya berbagai macam karakteristik individu, kelompok tani memiliki tantangan yang harus dihadapi terutama komunikasi dalam kelompok. Kerjasama yang baik dalam kelompok diharapkan memperoleh sejumlah penyelesaian masalah pada prosedur analisis kelompok tani melalui analisis kebutuhan penerimaan dan pengeluaran kelompok tani. Wujud sasaran pengabdian ini ialah kemampuan  kelompok dalam pembuatan program kerja, dan analisis usahatani kelompok tani Oelkunu di Desa Sallu melalui farm record serta bertujuan menjadi motivasi positif bagi pengembangan usaha kelompok tani lebih lanjut dalam ranah peningkatan kesejahteraan anggota kelompok tani.  Tahapan-tahapan dalam kegiatan ini adalah penyampaian materi, FGD (Forum Group Discussion), pelatihan dan pendampingan. Materi yang disampaikan meliptui (1) pemberian materi tentang penguatan kapasitas kelompok tani secara baik dan tepat, Peningkatan Komunikasi Partisipatif Kelompok Tani, model analisis usahatani atau pencatatan usahatani dari komoditi pertanian yang diusahakan, seluruh peserta pelatihan berhasil menyelesaikan tugas pendampingan berupa pembuatan program kerja kelompok tani Oelkunu, dan pembuatan analisis usahatani yang dilakukan oleh petani. Lokasi kegiatan di Desa Sallu Kecamatan Miomaffo Barat Kabupaten Timor Tengah Utara Provinsi NTT dengan jumlah peserta sebanyak 50 orang petani. Hasil dari pelatihan farm record ini adalah petani selaku peserta pelatihan berhasil menyelesaikan tugas pelatihan dan pendampingan berupa pembuatan program kerja kelompok tani dan pembuatan analisis usahatani.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Effendy, L., & Apriani, Y. (2018). Motivasi Anggota Kelompok Tani dalam Peningkatan Fungsi Kelompok. Jurnal Ekonomi Pembangunan STIE Muhammadiyah Palopo, 4(2), 10–24. https://doi.org/10.35906/jep01.v4i2.270

MAULANA, A. R. (2019). Peran Kelompok Tani dalam Meningkatkan Kesejahteraan Petani di Desa Temabarang Kecamatan Penrang Kabupaten Wajo. Carbohydrate Polymers, 6 (1), 5–10.

Nuryanti, S., Dewa, D., & Swastika, K. S. (2011). Peran Kelompok Tani Dalam Penerapan Teknologi Pertanian. Forum Penelitiaan Agro Ekonomi, 19(2), 115–128.

Riani, R., Zahara, H., & Hafizin, H. (2021). Fungsi Kelompok Tani Pada Usaha Tani Padi Sawah Di Gampong Uteun Bunta Kecamatan Peusang Kabupaten Bireuen. Jurnal Agrifo, 6(1), 25.

Sulistiani, Sumardjo, Purnaningsih, G. (2017). PERAN KOMUNIKASI DALAM PENGEMBANGAN ENERGI SOSIAL MASYARAKAT DI PAPUA. PIKOM, 18(1).

Wijaya, B., Fauzi, H., & Hafizianor, H. (2020). Kinerja Kelembagaan Kelompok Tani Hutan Kemasyarakatan Di Kabupaten Tanah Laut. Jurnal Sylva Scienteae, 3(1), 62–74.

Downloads

Published

2023-01-14

How to Cite

Matoneng, O. W., Falo, M., & Bukifan, M. (2023). Pelatihan Farm Record di Kelompok Tani Oelkunu, Desa Sallu Kecamatan Miomaffo Barat Kabupaten TTU. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 121–128. https://doi.org/10.25008/altifani.v3i1.311