Pelatihan Membaca Kitab Suci Dhammapada Untuk Pemuda dan Pengurus Vihara Ariya Dipasena, Desa Ranca Iyuh, Kabupaten Tangerang

Authors

  • Sabar Marjoko Program Studi Kepenyuluhan Buddha, STABN Sriwijaya Tangerang Banten

DOI:

https://doi.org/10.25008/altifani.v3i1.316

Keywords:

pelatihan, Bahsa Pali, Kitab Suci Dhammapada, pengabdian kepada masyarakat

Abstract

Kitab Suci Dhammapada merupakan salah satu bagian dari Kitab Suci Tripitaka yang berisi tentang kotbah Sang Buddha dalam bentuk syair dan tersusun dalam 26 bab atau vagga. Membaca kitab suci merupakan hal positif yang harus dilatih dan dipraktikkan oleh umat Buddha, namun tidak semua umat buddha mampu membacanya dengan baik dan benar. Hal ini disebabkan karena kitab suci Dhammapada ditulis dalam bahasa Pali, dimana didalamnya terdapat struktur kalimat, konsonan, pelafalan dan tanda baca yang harus dipahami dengan baik. Oleh karena itu kegiatan pelatihan ini merupakan upaya untuk mengenalkan, mengajarkan sekaligus membumikan bahasa Pali dikalangan umat Buddha khususnya para remaja yang diharapkan menjadi ujung tombak untuk penyebaran cara baca kitab Suci Dhammapada. Metode kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pelatihan dan penyuluhan dengan menggunakan metode ceramah dengan menggunakan media slide power point serta praktik atau demonstrasi tentang cara melafalkan aksara bahasa Pali dalam membaca kitab Suci Dhammapada. Kesimpulan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah remaja buddhis memahami tentang pentingnya mempelajari bahasa Pali dan membaca Kitab Dhammapada agar bisa memahami nilai ajaran Buddha dan melestarikan Buddha Dharma, serta menciptakan regenerasi para calon dhammaduta.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifah, R. N. (2019). Membaca Kritis. https://doi.org/10.31227/osf.io/psqrv

Hadari Nawawi. (2007). Metode penelitian bidang sosial. Yogyakarta?: Gadjah Mada University Press.

Karyaningsih, P. D. (2018). Ilmu komunikasi. In A. C (Ed.), Bandung: PT Remaja Rosdakarya (1st ed.). Yogyakarta?: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI).

Nurhadi. (2011). Budaya Baca Siswa SMP di Era Internet. Bahasa Dan Seni, 39(1), 1–13.

Onong Uchjana Effendy. (2002). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pareraway, A. S., Kojo, C., & Roring, F. (2018). Pengaruh Lingkungan Kerja, Pelatihan dan Pemberdayaan SDM Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT. PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo. Jurnal EMBA, 6(3), 1828–1837.

Rivai Veithzal, Sagala, dan E. J. (2011). Managemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. PT. Raja Grafindo.

Suwarto.T. (1995). Buddha Dharma Mahayana (Cetakan 1). Majelis Agama Buddha Mahayana Indonesia.

?hitakum?ro, W. (2010). Sutta Pitaka khuddakanik?ya dhammapada a??hakath? 1.

Wagito. (2007). Vihara theravada di kota singkawang. Jurnal Online Mahasiswa Arsitektur Universitas Tanjungpura, 5(1), 53–61.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Marjoko, S. (2023). Pelatihan Membaca Kitab Suci Dhammapada Untuk Pemuda dan Pengurus Vihara Ariya Dipasena, Desa Ranca Iyuh, Kabupaten Tangerang. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 34–41. https://doi.org/10.25008/altifani.v3i1.316