Implementasi Augmented Reality dalam Pengajaran Mata Pelajaran Matematika di SDN Rambigundam 1

Authors

  • Abi Suwito Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Jember
  • Noviarini Indah Astuti Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Jember
  • Sunardi Sunardi Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Jember
  • Qurrotul A’yun Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.59395/altifani.v3i2.370

Keywords:

augmented reality, matematika, pembelajaran, pengabdian kepada masyarakat

Abstract

Augmented Reality (AR) merupakan salah satu bidang yang penting dalam suatu penelitian. Augmented Reality (AR) ini adalah suatu teknologi yang menggabungkan objek nyata dan objek maya. Banyak bidang yang menggunakan Augmented Reality (AR), salah satunya adalah bidang Pendidikan, utamanya Matematika. Pada penelitian ini, menjelaskan penggunaan AR dalam pembelajaran tentang dimensi tiga. Tujuan penelitian ini adalah agar memudahkan guru untuk memberikan materi kepada siswa sekolah dasar, menjadikan pembelajaran lebih menarik dan tidak membosankan peserta didik. Kendala yang dihadapi yaitu saat pelaksanaan wifi kurang mendukung dan setiap siswa tidak memiliki HP. Hasilnya guru merasa mendapat pengetahuan baru mengenai media pembelajaran dan siswa menjadi aktif dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprilinda, Y., Endra, R. Y., Afandy, F. N., Ariani, F., Cucus, A., & Lusi, D. S. (2020). Implementasi Augmented Reality untuk Media Pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika). 11(2), 124-133.

Ariyana, R. Y., Susanti, E., & Nurnawati, E. K. (2023). Pelatihan Komputer Untuk Guru Taman Kanak-Kanak Se-Kota Yogyakarta: Sub Materi: Microsoft Office. Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 6-12.

Fadhlurrahman, A. R., Fauziyah, & A. Gunaryati. (2021). Augmented Reality Pengenalan Landmark Negara Asia Tenggara Menggunakan Algoritma FAST Corner Dan Natural Feature Tracking. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi. 8(3). 1012-1026.

Farhan, F., & Zalzalah, G. G. (2023). Pelatihan Pemasaran Digital Pada UMKM Serabi Solo Pratama Yogyakarta. Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 56-63.

Haryani, P., & J. Triyono. (2017). Augmented Reality (AR) Sebagai Teknologi Interaktif Dalam Pengenalan Benda Cagar Budaya Kepada Masyarakat. Jurnal SIMETRIS. 8(2). 807-812.

Hidayat, R., & Irma, C. N. (2020). IMPLEMENTASI APLIKASI SINAU.ID PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SECARA DARING PADA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BUMIAYU. Guru Kita. 6(1), 74-85.

Indrawan, I. W. A., K. O. Saputra, & Linawati. (2021). Augmented Reality sebagai Media Pendidikan Interaktif dalam Pandemi Covid-19. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro. 20(1). 61-70.

Jamun , Y. (2020). Pelatihan pengelolaan dana desa berbasis komputer. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1)

Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 13(2). 174-183.

Rahmah, N. (2013). HAKIKAT PENDIDIKAN MATEMATIKA. al-Khwarizmi. 2(1), 1-10.

Safar, Permadi, J., Utomo, H. S. (2018). Aplikasi Augmented Reality (AR) Sebagai Media Pembelajaran Siklus Embrio Manusia Berbasis Android. Jurnal Humaniora dan Teknologi. 4(1), 7-12.

Downloads

Published

2023-03-12

How to Cite

Suwito, A., Astuti, N. I., Sunardi, S., & A’yun, Q. . (2023). Implementasi Augmented Reality dalam Pengajaran Mata Pelajaran Matematika di SDN Rambigundam 1. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 223–227. https://doi.org/10.59395/altifani.v3i2.370