Pendampingan Pada Ibu Menyusui Dengan Pemberian Edukasi Tentang Hypnobreastfeeding

Authors

  • Yuda Muhara Sari Program Studi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Ibrahimy
  • Eliyawati Eliyawati Program Studi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Ibrahimy
  • Yeni Kurniawati Program Studi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Ibrahimy
  • Istidamatul Ludvia Program Studi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Ibrahimy
  • Dewi Qurrotul A'yun Program Studi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Ibrahimy
  • Ganis Yunita Prativie Program Studi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Ibrahimy
  • Khoiriati Rohma Program Studi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Ibrahimy

DOI:

https://doi.org/10.59395/altifani.v3i4.456

Keywords:

Pendampingan, Hypnobreastfeeding, menyusui, pengabdian kepada masyarakat

Abstract

Menyusui paling banyak mengalami cemas sedang, tingkat kecemasan ibu multipara pada saat menyusui paling banyak dikarenakan mereka mengalami cemas ringan. Perbedaan tingkat kecemasan dalam proses menyusui antara ibu primipara dan multipara memiliki perbedaan yang signifikan. Yaitu ibu primipara 36,62% dan ibu dengan multipara 16,38%. Menurut penelitian Kusmiyati dan Wahyuningsih (2014) menyatakan bahwa faktor mental dan psikologis ibu dalam menyusui. Pemerintah berupaya untuk  mengatasi kurangnya pengeluaran  ASI yaitu membuat aturan yang mendukung dalam pemberian ASI eksklusif. Hal  diatas akan dapat memberikan pengaruh kelancaran pengeluaran ASI pada ibu menyusui sehingga perlu dilakukan usaha penanganan dalam membantu pengeluaran asi pada ibu menyusi,dan juga dapat mengatasi  serta mencegah dari depresi pada postpartum. Hypnobreastfeeding dilakukan pada ibu menyusui adalah  merupakan langkah awal yang diperlukan untuk sebagai strategi koping pada ibu menyusui  dan telah melewati tahapan demi tahapan di masa menyusui pada bayi. Hal ini juga sangat erat dengan  peran  bidan dalam dalam memberikan pelayanan kebidanan. Metode kegiatan ini dengan memberikan pendampingan pada ibu menyusui  di desa kendit yang di awali dengan pemberian penyuluhan terleh dahulu dan  kemudian dilakukan pendampingan   pada ibu menyusui. Berdasarkan rekapitulasi hasil didapatkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan  dan keberhasilan dalam menyusui pada ibu menyusui setelah diberikan penyuluhan dan pendampingan kepada ibu menyusui tentang seputar hypnobreasfeeding.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Yuda Muhara Sari, Program Studi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Ibrahimy

 

 

Eliyawati Eliyawati, Program Studi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Ibrahimy

 

 

Yeni Kurniawati, Program Studi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Ibrahimy

 

 

Istidamatul Ludvia, Program Studi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Ibrahimy

 

 

Dewi Qurrotul A'yun, Program Studi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Ibrahimy

 

 

Ganis Yunita Prativie, Program Studi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Ibrahimy

 

 

Khoiriati Rohma, Program Studi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Ibrahimy

 

 

References

Ida S, Fitria, PA, Hapsari W. Penerapan Hypnobreastfeeding pada Ibu Menyusui. J Kebidanan Indones [Internet]. 2019; Available from: http://jurnal.unw.ac.id/index.php/ijm Jama, A.,)

Sinaga EW, Lubis R, Lubis Z. Hubungan Pemberian Asi Eksklusif Dengan Kejadian Diare Di Puskesmas Pulo Brayan. J Muara Sains, Teknol Kedokt dan Ilmu Kesehat. 2019;2(2):409.

Muchtaridi, Moelyono. Aroma Terapi Tinjauan Aspek Kimia Medisinal. Yogyakarta: Graha Ilmu; 2015. 148–162 p.

Hanum P, Ritonga AR, Pratiwi DP, Wati L, Ningsih RW, Serianti. Pengaruh Teknik Hypnobreastfeeding Terhadap Pengeluaran Asi Pada Ibu Nifas. J Ilm Kebidanan Imelda. 2021;7(1):36–41.

Ningsih DA, Sari YM, Kholifah UN. Edukasi Pijat Laktasi dan Endhoprin pada Ibu Menyusui dalam Situasi Pandemi Covid-19. Poltekita J Pengabdi Masy. 2022;3(September):405–11.

Andriana E. Melahirkan tanpa Rasa Sakit Dengan Metode Relaksasi Hypnobirthing. Jakarta: BIP; 2007.

Aprilia Y. Hypnobreastfeeding, Solusi Cerdas Meningkatkan Produksi ASI. 2014;

Lancar ASI dengan Hypnobreast feeding. Ayah Bunda [Internet]. 2015;

Kusmiyati Y, HP.Wahyuningsih. Pengaruh Hypnobreastfeeding terhadap Kecemasan dan Waktu Pengeluaran ASI pada Ibu Post Partum Primipara di Yogyakarta. J Teknol Kesehat. 2014;2.

Febi S, EH, SNJ. Asuhan kebidanan pada Masa Nifas. In: Cetakan I Jakarta: Fakultas Kedokteran dan Kesehatan. Universitas Muhammaduyah Jakarta; 2017. 1–83 p.

Kesehatan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Puslitbang Humaniora dan Manajemen Kesehatan KR. Hasil Utama Riskesdas 2018 Provinsi Jawa Timur [Internet]. Surabaya; 2018. Available from: https://dinkes.kedirikab.go.id/konten/uu/22033-hasil-riskesdas-jatim-2018.pdf

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Profil Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur 2021. Dinas Kesehat Provinsi Jawa Timur. 2021;tabel 53.

Dinkes Situbondo. Profil Kesehatan Kabupaten Situbondo Tahun 2021. 2021. 100 p.

Maritalia D. Asuhan Kebidanan Nifas dan Menyusui. Yogyakarta: Pustaka Pelajar; 2013. 160 p.

ED W. Asuhan Kebidanan Nifas dan Menyusui. In: Cetakan I. Jakarta: Kementerian Kesehatana Republik Indonesia. 2018. 1–286 p.

Marmi.,& Magiyati. (2017). Pengantar Psikologi Kebidanan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kusmiyati, Y & Wahyuningsih, H. P. (2014, September). Pengaruh Hypnobreastfeeding Terhadap Kecemasan Dan Waktu Pengeluaran Air Susu Ibu Pada Ibu Post Partum Primipara Di Yogyakarta. Jurnal Teknologi Kesehatan. Volume 10. No 2. hlm: 123-127.http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/473/

Marmi. (2012). Asuhan Kebidanan Pada Masa Nifas Peuperium Care.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Marmi.,& Magiyati. (2017). Pengantar Psikologi Kebidanan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sari, L. P., Salimo, H. & Budihastuti, U. R. (2019, Maret).Hypnobreastfeeding Dapat Menurunkan Kecemasan Pada Ibu Post Partum. Jurnal Kebidanan Dan Kesehatan Tradisional, Volume 4. No 1.hlm: 1-56. November 19, 2019.https://www.jurnalbidankestrad.com/index.php/jkk/article

Sofiyanti, I., Astuti, F. P., & Windayanti, H. (2019, September).Penerapan Hypnobreastfeeding pada Ibu Menyusui.Indonesian Journal of Midwifery Volume 2. No 2. November 20, 2019.http://jurnal.unw.ac.id:1254/index.php/ijm/article/view/267/249

Downloads

Published

2023-07-24

How to Cite

Sari, Y. M. ., Eliyawati, E., Kurniawati, Y. ., Ludvia, I. ., A’yun, D. Q. ., Prativie, G. Y. ., & Rohma, K. . (2023). Pendampingan Pada Ibu Menyusui Dengan Pemberian Edukasi Tentang Hypnobreastfeeding. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 538–544. https://doi.org/10.59395/altifani.v3i4.456