Hubungan Efektivitas Komunikasi Dan Pertisipasi Kelompok Tani Dalam Kegiatan Penyuluhan Pertanian

Studi Kasus: Petani Tomat Di Desa Leuntolu, Kecamatan Raimanuk, Kabupaten Belu

Authors

  • Ludofikus Nahak Universitas Timor
  • Marsianus Falo Universitas Timor
  • Bernadina Metboki Universitas Timor
  • Ody Wolfrit Matoneng Universitas Timor

DOI:

https://doi.org/10.59395/altifani.v4i3.522

Keywords:

efektivitas komunikasi, partisipasi, petani tomat, penyuluhan pertanian, pengabdian kepada masyarakat

Abstract

Kegiatan penyuluhan pertanian subsektor tanaman pangan dilakukan melalui wadah kelompok-kelompok tani, sehingga efektivitas komunikasi dan partisipasi dari masyarakat petani menjadi faktor yang sangat penting dalam melaksanakan berbagai aktivitas maupun program penyuluhan pertanian. Penelitian ini berfokus pada efektivitas komunikasi dan partisipasi kelompok tani dalam mengikuti kegiatan penyuluhan pertanian yang diberikan oleh penyuluh dalam membina petani yang ada diwilayah Desa Leuntolu, Kecamatan Raimanuk, Kabupaten Belu. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Leuntolu, Kecamatan Raimanuk, Kabupeten Belu. Waktu penelitian telah dilaksanakan pada bulan oktober 2022. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 60 kelompok tani yang beranggota 1,140 orang dimana dalam satu kelompok tani terdiri dari 19 anggota, dengan penentuan sampel menggunakan porposive sampling sehingga dapat diperoleh sampel sebanyak 4 kelompok tani dan beranggota 79 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan pelaksanaannya menggunakan teknik survey, wawancara, data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dan analisis korelasi rank spearman. Hasil analisis deskriptif kuantitatif menunjukkan bahwa efektivitas komunikasi pada tahap komunikator 2,35, pesan 2,94, saluran 2,74, komunikan 2,38 dan efek atau pengaruh 2,79, kemudian partisipasi petani pada tahap ide atau pikiran 2,26, tenaga 2,33, barang 2,44, skill atau keterampilan 2,50. Analisis korelasi rank spearman menunjukkan hasil uji korelasi secara statistik memiliki hubungan nyata antara efektivitas komunikasi dan partisipasi kelompok tani dalam kegiatan penyuluhan pertanian. Efektivitas komunikasi kelompok pada tahap komunikator berkorelasi (signifikan), efektivitas komunikasi kelompok pada tahap pesan berkorelasi (signifikan), efektivitas komunikasi kelompok pada tahap saluran berkorelasi (signifikan), efektivitas komunikasi kelompok pada tahap komunikan berkorelasi (signifikan) efektivitas komunikasi kelompok pada tahap efek atau pengaruh berkorelasi (signifikan). kemudian Partisipasi petani berdasarkan ide atau pikiran tidak berkorelasi (signifikan atau negatif), partisipasi petani berdasarkan tenaga berkorelasi (signifikan), partisipasi petani berdasarkan barang berkorelasi (signifikan), dan partisipasi petani berdasarkan skill atau keterampilan berkorelasi (signifikan).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cangara, 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Departemen Pertanian, 2020. Pendapatan Domestic Regional Bruto (PDRB) Nusa Tenggara Timur NTT yang struktur perekonomian didominasi oleh sektor pertanian.BPS Prov. NTT

Daniel, M. 2002. Metode Penelitian Sosial Ekonomi. Bumi Aksara. Jakarta.

Departemen pertanian, 2008. Pedoman pertumbuhsn dan pengembangan kelompok tani.Dinas pertanian kabupaten belu. Prov. NTT

Damayanti, 2008. Pengertian prestasi belajar.http://sobatbaru.blogspot.com diakses 5 februari 2013.

Hasyim, M. 2006. Analisis krakteristik petani kopi terhadap pendapatan (studi kasus: Desa Dolok Seribu Kecamatan Paguruan Kabupaten Tupanili Utara) (Abstrak). Juranal Komunikasi Penelitian, 18 (1), 22-27.

Hillstrom, 2005. Interpersonal Communication Law And Legal definition www.definitions.uslegal.com. Diakses pada hari senin, tanggal 29 maret 2010 pukul 14.00 WIB.

Iwan, 2010. Analisis Hubungan Karakteristik Petani Dengan Partisipasi Terhadap Program Pembangunan Agribisnis Jagung Hibrida Pada Kabupaten Karanganyar (Skripsi). Karanganyar.

Jefri, 2020. Efektivitas Pembelajaran Petani Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19.Recearch And Defelopmennt Journal Of Education, 1 (1), 131. Http://Doi.Org/10.30998/Rdje.Vli 1.7695.

Mardikanto, T. 2009. Pembangunan pertanian di Indonesia. UNS Press. Surakarta.

Mosher. 2002. Pembanguan pertanian. Jakarta: CV. Yasaguna. BPP-SDMP. 2018. Pedoman Penilaian Kelas Kemampuan Kelompok Tani Parteman Pertanian RI. Jakarta.

Mikkelsen (2006), Mendefinisikan Partisipasi adalah Sukarela oleh Masyarakat dalam Perubahan yang Ditentukannya Sendiri.

Mardikanto, 2003. Redefinisi dan Revitalisasi Penyuluhan Pertanian.Pusat Pengembangan Agrobisnis dan Perhutanan Sosial. Surakarta.

M, Damayanti. 2010. Komunikasi Terapeutik Dalam Praktik Keperawatan. Bandung: Pt Refika Aditama.

Mulyana, Deddy, 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Purwanto, Agung & Budi Muhamat Taftazani. 2016. “Pengaruh Jumlah Tanggungan Terhadap Tingkat Kesejahteraan Ekonomi Keluarga K3l Universitas Pajajaran.” Pekerjaan Sosial.

Porawouw, 2005. Partisipasi. Meningkatkan Pendapatan Dan Pengembangan. Indonesia. Bogor.

Rakhmat, Jalaludin. 2005. Psikologi Komunikasi. Edisi Revisi. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Saparwati, M. 2012. Pengelaman kepala ruang dalam mengelola ruang rawat DI RSUD ambrawa. Depok: magister ilmu keperawatan universitas indonesia.

Sastropoerta, 2004. Partisipasi Petani Dalam Kegiatan Penyuluhan Pertanian. Sebelas Maret Universitas Press, Surakarta.

Sendjaja, 2005. Teori komunikasi. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Sadily, 2000. Dinamika Kelompok: Sebuah Tujuan Dalam Perspektif Pembangunan Masyarakat Petani. Cetakan Ke-1.Jumber: Bursa Mahasiswa Offest. Download-Reposytori UM Jumber-Universitas Reposytori.Unmuhjumber.Ac.Id.>0715037001-Buku-Dks.

Soehardjo A, Patong D, 2002. Sendi-Sendi Pokok Ilmu Usahatani. Bogor IPB.

Soetomo, 2006. Asas-Asas Partisipasi Petani Disiplin Dalam Pembangunan Pertanian.Bandung Alumni.

Yuhana, Ida, Rahman, Arif, Sulastri, A. 2008. Dasar-Dasar Komunikasi: Bahankuliah. IPB.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Nahak, L. ., Falo, M. ., Metboki, B., & Matoneng, O. W. . (2024). Hubungan Efektivitas Komunikasi Dan Pertisipasi Kelompok Tani Dalam Kegiatan Penyuluhan Pertanian: Studi Kasus: Petani Tomat Di Desa Leuntolu, Kecamatan Raimanuk, Kabupaten Belu. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 198–209. https://doi.org/10.59395/altifani.v4i3.522